Pekon Merbau

Kec. Klumbayan Barat
Kab. Tanggamus - Lampung

Info
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2024 NOMOR 3 TAHUN 2024

Artikel

Pelatihan Kapasitas Perangkat Desa Tentang Program Smart Village di Kecamatan Abung Kunang dan Abung Selatan

Pekon Merbau

21 Mei 2024

14 Kali dibuka

Pelatihan Kapasitas Perangkat Desa Tentang Program Smart Village di Kecamatan Abung Kunang dan Abung Selatan

Bandar Lampung, 24 Mei 2024 - Dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa, Kecamatan Abung Kunang dan Abung Selatan menyelenggarakan pelatihan tentang Program Smart Village. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 Mei 2024 di Hotel Horison, Bandar Lampung.

Pelatihan ini diikuti oleh perangkat desa dari kedua kecamatan dengan tujuan untuk memperkenalkan konsep Smart Village, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Hari Pertama: Pengenalan dan Teori Dasar Smart Village

Kegiatan dimulai dengan sesi pembukaan oleh Bupati Lampung Utara, yang menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas perangkat desa dalam menghadapi tantangan era digital. Sesi selanjutnya diisi dengan pengenalan konsep Smart Village oleh para ahli di bidang teknologi dan pembangunan desa. Peserta mendapatkan pengetahuan dasar mengenai Smart Village, termasuk manfaat dan tantangan dalam penerapannya.

Hari Kedua: Pemanfaatan Teknologi dalam Pembangunan Desa

Pada hari kedua, peserta dilatih untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek pembangunan desa. Pelatihan ini meliputi penggunaan aplikasi berbasis web dan mobile untuk pengelolaan data desa, komunikasi dengan warga, dan pelaporan kegiatan desa. Para peserta juga diperkenalkan dengan teknologi sensor dan IoT (Internet of Things) yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi layanan publik di desa.

Hari Ketiga: Studi Kasus dan Best Practices

 

Hari ketiga diisi dengan studi kasus dan best practices dari desa-desa yang telah berhasil menerapkan konsep Smart Village. Para peserta berdiskusi dan belajar dari pengalaman desa lain mengenai tantangan yang dihadapi dan solusi yang berhasil diterapkan. Sesi ini memberikan wawasan praktis dan inspirasi bagi peserta untuk mengimplementasikan program Smart Village di desa masing-masing.

Hari Keempat: Penyusunan Rencana Aksi

Pada hari terakhir, peserta dilatih untuk menyusun rencana aksi penerapan Smart Village di desa mereka. Dengan bimbingan fasilitator, setiap kelompok desa menyusun rencana yang mencakup langkah-langkah konkret untuk mengimplementasikan teknologi dalam berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, dan administrasi desa. Rencana aksi ini kemudian dipresentasikan di hadapan seluruh peserta dan mendapatkan masukan dari para ahli.

Penutupan dan Harapan Kedepan

Kegiatan pelatihan ditutup dengan sambutan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Lampung yang menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam mewujudkan Smart Village. Diharapkan, melalui pelatihan ini, perangkat desa di Kecamatan Abung Kunang dan Abung Selatan dapat mengimplementasikan program Smart Village dengan efektif dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa.

 

Pelatihan ini merupakan langkah awal yang penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui teknologi. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, perangkat desa diharapkan mampu membawa perubahan positif dan inovatif di desanya masing-masing.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Pekon

ROHADI

Sekretaris desa

PAENO

Kaur Tata Usaha dan Umum

WINDIANA

Kaur Keuangan

IRA SUSANTI

Kasi Pemerintahan

ISMED AROPIN

Kasi Pelayanan

TURIPTO

Kasi Kesejahteraan

PRIO SUJONO

Kepala Dusun

SARYONO

Kepala Dusun

SAIMAN

Kepala Dusun

ULUL NGAKLI

Kepala Dusun

YUYUN YUNINGSIH

Rukun Tentangga

SURYATI

Rukun Tentangga

MAHFUDIN

Rukun Tentangga

SUKISNO

Rukun Tentangga

MUSLIMIN

Rukun Tentangga

GUNTORO

Rukun Tentangga

REFIYONO

Rukun Tentangga

REBOD

Kaur Perencanaan

AHMAD DIMYATI

Rukun Tentangga

WAJRI

Rukun Tentangga

IDRIS APANDI

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Pekon Merbau

Kecamatan Klumbayan Barat, Kabupaten Tanggamus, Lampung

idcloudhost

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:18
Kemarin:342
Total:561.084
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.236.143.154
Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Pekon

Latitude:-5.641824405970584
Longitude:105.01457691192628

Pekon Merbau, Kecamatan Klumbayan Barat, Kabupaten Tanggamus - Lampung

Buka Peta

Wilayah Pekon