Pekon Merbau

Kec. Klumbayan Barat
Kab. Tanggamus - Lampung

Info
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2024 NOMOR 3 TAHUN 2024

Artikel

Bimtek SMART Village Kabupaten Way Kanan di Hotel Arinas, Bandar Lampung

Pekon Merbau

25 April 2024

65 Kali dibuka

Bandar Lampung - Kabupaten Way Kanan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) SMART Village yang berlangsung pada tanggal 22 sampai 24 Tahun 2024. Acara ini diadakan di Hotel Arinas, Bandar Lampung dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada pemangku kepentingan dalam implementasi program SMART Village.

Bimtek SMART Village ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari pemerintah daerah, kepala desa,serta stakeholder lainnya yang terlibat dalam pembangunan desa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para peserta dalam mengelola dan mengimplementasikan program-program SMART Village di Kabupaten Way Kanan.

Dalam acara ini, peserta diberikan materi-materi yang mencakup berbagai aspek terkait program SMART Village, mulai dari pengenalan konsep SMART Village, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembangunan desa, hingga manajemen sumber daya dan keuangan desa. Selain itu, juga ada sesi diskusi dan tanya jawab untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan pengalaman antar peserta.

Hotel Arinas, yang menjadi tempat pelaksanaan Bimtek, menyediakan fasilitas yang mendukung kelancaran acara, termasuk ruang pertemuan yang nyaman dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Selain itu, pelayanan yang ramah dan profesional dari tim hotel membuat acara ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Dengan adanya Bimtek SMART Village ini, diharapkan Kabupaten Way Kanan dapat lebih siap dan kompeten dalam mengimplementasikan program-program SMART Village untuk mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan inklusif. Selain itu, diharapkan juga dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak untuk mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan.

Acara ini diakhiri dengan penutupan yang meriah dan penuh semangat, di mana peserta menyatakan komitmennya untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan selama Bimtek untuk kemajuan desa-desa di Kabupaten Way Kanan.

Dengan demikian, Bimtek SMART Village di Hotel Arinas, Bandar Lampung berhasil menciptakan momentum positif dalam upaya pengembangan dan penguatan desa-desa di Kabupaten Way Kanan melalui penerapan konsep SMART Village yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Pada tanggal tertentu, Hotel Arinas di Bandar Lampung menjadi saksi dari pelaksanaan Bimtek (Bimbingan Teknis) SMART Village Kabupaten Way Kanan. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak yang berkecimpung dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, dengan pemateri utama Komarulloh dan Hans Luhur Hantarikasa Jaya.

SMART Village: Konsep Desa Cerdas

SMART Village merupakan sebuah konsep pembangunan desa yang mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan integrasi TIK, desa diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, serta partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan.

Pemateri Utama:

  1. Komarulloh
    Sebagai salah satu pemateri utama, Komarulloh membahas tentang penerapan teknologi dalam pembangunan desa. Dia menggarisbawahi pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam mengadopsi teknologi sebagai alat untuk memajukan desa. Dengan contoh-contoh nyata dan strategi implementasi, Komarulloh memandu peserta untuk memahami bagaimana teknologi dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kesejahteraan desa.

  2. Hans Luhur Hantarikasa Jaya
    Hans Luhur membawa perspektif yang berbeda dengan fokus pada aspek keberlanjutan dan lingkungan dalam pembangunan desa. Dia menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dengan pelestarian lingkungan. Selain itu, Hans Luhur juga membahas mengenai strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui berbagai inisiatif dan program yang ramah lingkungan.

Antusiasme Peserta

Peserta Bimtek terdiri dari para pemangku kepentingan seperti perangkat desa, organisasi masyarakat, serta tokoh-tokoh lokal. Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti setiap sesi dan aktif berdiskusi, bertukar pikiran, serta berbagi pengalaman. Diskusi interaktif antara peserta dan pemateri membuat suasana menjadi lebih hidup dan konstruktif.

Kesimpulan

Bimtek SMART Village Kabupaten Way Kanan di Hotel Arinas, Bandar Lampung menjadi momentum penting dalam upaya mendorong pembangunan desa yang cerdas dan berkelanjutan. Dengan dukungan pemateri yang kompeten seperti Komarulloh dan Hans Luhur Hantarikasa Jaya, diharapkan desa-desa di Kabupaten Way Kanan dapat terus berinovasi dan berkembang menuju masa depan yang lebih baik.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Pekon

ROHADI

Sekretaris desa

PAENO

Kaur Tata Usaha dan Umum

WINDIANA

Kaur Keuangan

IRA SUSANTI

Kasi Pemerintahan

ISMED AROPIN

Kasi Pelayanan

TURIPTO

Kasi Kesejahteraan

PRIO SUJONO

Kepala Dusun

SARYONO

Kepala Dusun

SAIMAN

Kepala Dusun

ULUL NGAKLI

Kepala Dusun

YUYUN YUNINGSIH

Rukun Tentangga

SURYATI

Rukun Tentangga

MAHFUDIN

Rukun Tentangga

SUKISNO

Rukun Tentangga

MUSLIMIN

Rukun Tentangga

GUNTORO

Rukun Tentangga

REFIYONO

Rukun Tentangga

REBOD

Kaur Perencanaan

AHMAD DIMYATI

Rukun Tentangga

WAJRI

Rukun Tentangga

IDRIS APANDI

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Pekon Merbau

Kecamatan Klumbayan Barat, Kabupaten Tanggamus, Lampung

idcloudhost

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:10
Kemarin:342
Total:561.076
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.236.143.154
Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Pekon

Latitude:-5.641824405970584
Longitude:105.01457691192628

Pekon Merbau, Kecamatan Klumbayan Barat, Kabupaten Tanggamus - Lampung

Buka Peta

Wilayah Pekon